Arborea, Sensasi Ngopi di Teduh Jakarta

By Laili Muttamimah - November 11, 2018


Pernah membayangkan nikmatnya minum kopi sambil ngobrol bareng temen di bawah teduhnya pepohonan? Nah, kenikmatan itu kini bisa kamu rasakan di Arborea Cafe!

Arborea Cafe berada di dalam Gedung Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, tepatnya di belakang Gedung Manggala Wanabakti. Dari jalan Gatot Subroto, lokasi kafe ini sudah terlihat karena terletak di pinggir jalan, namun untuk masuk ke area ini, kita harus melewati pintu masuk gedung kementerian. Buat kamu yang ingin naik transportasi umum, lokasi Arborea Cafe juga strategis karena dekat dengan Stasiun Palmerah dan halte Transjakarta. Dari sana, kita hanya tinggal jalan kaki sampai ke Gedung Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Kafe ini sebenarnya dibuka pada Agustus 2018 saat pagelaran Asian Games 2018 berlangsung, namun bisa dibilang mulai ramai dikenal belakangan ini. Berbeda dari kafe yang sering kita temui di Jakarta, Arborea Cafe menawarkan sensasi minum kopi ditemani suasana tenang dan sejuk bagi para pengunjungnya. Terletak di dalam area Arboretum Ir. Lukito Daryadi, MSc, kita akan menjumpai pepohonan rindang yang memayungi kafe ini. Karena bagian dari Arboretum, pepohonan di sekitar Arborea Cafe sangat terawat dan beberapa merupakan pohon langka yang dilestarikan. 

Arborea Cafe, tampak depan.

Arborea Cafe, tampak depan.

Begitu tiba, kita akan disambut dengan bangunan bertekstur dinding dan lantai kayu dengan desain yang minimalis. Tempatnya memang instagrammable, itu kenapa banyak pengunjung yang menyempatkan diri berfoto di sana (termasuk saya, hahaha). Kafe ini terdiri dari tiga lantai. Lantai pertama digunakan untuk kasir, dapur, area bangku (jumlahnya terbatas), dan area teras untuk lesehan (bagi pengunjung yang nggak dapat duduk), lantai dua digunakan untuk area indoor yang nggak terlalu luas, tapi cocok banget buat kamu yang kepingin adain meeting di sini, dan lantai tiga terdiri dari rooftop yang juga bisa digunakan untuk duduk lesehan tanpa takut kepanasan. Ada tangga melingkar untuk naik ke atas, namun kita harus sabar karena ruangnya nggak terlalu besar.


Baca rekomendasi wisata Jakarta lainnya di Melihat Wajah Baru Kota Tua Jakarta.

Pengunjung melakukan pemesanan di kasir.

Iced Chocolate dan Hazelnut Latte.


Sejujurnya, saya jarang (secara sengaja) mampir ke kafe tertentu karena pada dasarnya saya nggak terlalu suka kopi. Tapi, saya berniat untuk kembali lagi ke Arborea Cafe untuk agenda-agenda pertemuan dengan teman selanjutnya. Menu yang disediakan di kafe ini cukup beragam dengan harga yang ramah di kantong. Minumannya dipatok mulai dari Rp 16.000 dan makanannya mulai dari Rp 6.000. Saya berharap harganya nggak akan melonjak sangat tinggi ketika kafe ini sudah lebih terkenal nanti, hahaha. Akhirnya, saya dan teman-teman memesan Iced Chocolate dan Hazelnut Latte. Sering kali saya zonk ketika pesan cokelat karena mereka menyediakan yang pahit, tapi rasa cokelat di Arborea Cafe pas di lidah, nggak terlalu manis dan pahit. Sayangnya, makanan yang tersisa hanya roti manis, jadi kami nggak pesan makanan. Setelah pesanan datang, kami memilih untuk duduk lesehan di teras kafe.

Menu minuman Arborea Cafe.

Menu makanan Arborea Cafe.

Suasana Arborea Cafe hari itu terbilang ramai, entah karena mulai terkenal atau akhir pekan. Kebanyakan dari mereka menghabiskan waktu untuk berfoto, meski ada pula yang tengah melangsungkan arisan keluarga. Saya jatuh cinta sama arsitektur kafe ini (lalu berpikir kepingin punya rumah kayak gini juga), karena memberikan kesan humble dan sederhana. Apalagi menu makanan yang ditawarkan juga khas Indonesia, rasanya seperti menikmati sajian rumah nenek di kampung halaman. 

Area lesehan.

Area bangku.


Nah, buat kamu yang kepingin dapat suasana asri untuk menghabiskan akhir pekan, kamu bisa coba berkunjung ke Arborea Cafe. Saran saya, jangan pakai baju dan sepatu yang ribet (please, no high heels), karena tempatnya nggak luas, jadi harus berbagi ruang dengan yang lain. Selamat merasakan teduhnya Arboerea! :)


Arborea Cafe
Alamat: Manggala Wanabakti, Jl. Gatot Subroto, Senayan, Jakarta
Jam buka: 07.00 - 19.00 WIB

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar